• TERBARU :

    Thursday 13 March 2014

    PELUANG BUDIDAYA TOKEK


    POTENSI BUDIDAYA TOKEK

    Artikel ini dapat juga dibaca di NaturalNusantara.org

    Peluang usaha budidaya tokek
    peluang bisnis tokek
    Tokek belakangan ini menjadi pusat buruan beberapa masyarakat di Indonesia bahkan dunia lantaran dari beberapa jenis tokek dengan ukuran tertentu bisa dihargai puluhan hingga ratusan juta rupiah. Dengan fenomena ini, dalam pikiran masyarakat terbesit untuk mulai belajar bagaimana cara beternak tokek. dari penelusuran beberapa sumber yang sudah berhasil melakukan budidaya tokek, maka terkumpulah beberapa informasi dan langkah yang benar bagaimana cara beternak dan budidaya tokek dengan memanfaatkan bahan yang ada disekitar rumah kita.


    Namun pertanyaannya, apakah tokek memang telah menjadi salah satu rahasia resep ramuan jamu tradisional untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit ? Tokek diyakini oleh beberapa orang dapat menyembuhkan penyakit HIV AIDS dan beberapa jenis penyakit lainnya. Harga tokek bisa melambung tinggi berdasarkan berat yang ia miliki. Tokek dengan berat lebih dari 3 ons bisa dihargai hingga puluhan juta rupiah. Sedangkan tokek yang beratnya sekitar 1 – 2 ons dihargai antara 100 ribu hingga 2 juta rupiah. Dan yang paling mencengangkan adalah jika ada tokek yang memiliki berat lebih dari 4 ons, beratnya bisa mencapai Rp 800 juta rupiah. Harga yang sangat fantastis dari seekor hewan yang bagi sebagian masyarakat terlihat sangat menjijikkan. Sungguh peluang bisnis baru yang sangat berprospek bagus mengingat beternak tokek tidak terlalu susah dan rumit. Budidaya tersebut semakin mudah lantaran tokek hanya membutuhkan makanan berupa jangkrik dan sedikit perawatan khusus.

    Saat ini mulai marak tokek pakistan yang bisa membawa untung meski tokek ini tidak berbunyi. Apalagi jika tokek ini bisa disilang dan menghasilkan varian baru.

    Leopard gecko
    Leopard gecko atau tokek pakistan mungkin belum terlalu akrab di telinga Anda. Namun, hewan reptil asal Pakistan ini bisa menjadi peluang usaha budidaya tokek yang lumayan menguntungkan. Terutama bagi mereka yang memang hobi berbisnis binatang melata. Syarat utama menjadi pembudidaya dan penjual tokek, tentu saja, tidak boleh geli dengan binatang reptil.

    Berbeda dengan tokek lokal, tokek pakistan ini tidak berbunyi. Justru kebisuan ini menjadikannya piaraan yang cukup ideal. Sifat Leopard gecko lain yang menjadi alasan orang membudidayakan adalah: binatang melata yang satu ini tidak bisa memanjat. Alhasil, tokek pakistan cocok bagi mereka yang masih pemula dalam memelihara reptil, karena sifatnya yang jinak. Dibisniskan pun cocok. Karena, harga jual tokek pakistan juga menggiurkan: antara Rp 300.000 hingga Rp 10 juta per ekor. Yang menyebabkan perbedaan harga itu adalah jenis tokek atau biasa disebut morph oleh para penggemar reptil.

    Jika ingin menjual tokek pakistan dengan harga tinggi, seorang pembudidaya harus menciptakan kombinasi hasil persilangan. Dengan tokek pakistan orang berlomba-lomba menciptakan jenis baru. Makin unik makin mahal. Kembali lagi pada keinginan anda, ingin berternak tokek lokal ataupun tokek pakistan. kedua peluang usaha budidaya tokek ini sama-sama memberikan peluang usaha yang bagus.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: PELUANG BUDIDAYA TOKEK Rating: 5 Reviewed By: Manakutahu
    Scroll to Top